Total Tayangan Halaman

Rabu, 26 Februari 2014

Ada apa dengan UN


Metrotvnews.com, Jakarta. Mengantisipasi keterlambatan yang terjadi pada 2013, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memajukan jadwal pencetakan naskah soal Ujian Nasional (UN) 2014. Tapi konsekwensinya, pengamanan harus diperketat untuk mencegah kebocoran soal.


“Saya setuju dengan percepatan pencetakan naskah soal UN, namun harus dipikirkan waktunya apa efektif dan efisien? Jangan sampai ada kebocoran soal ujian, kualitas dan kuantitas kertas juga harus diperhatikan,” kata pengamat pendidikan Diennaryati Tjokrosuprihatono, melalui telepon, Selasa (25/2/2014).

Caleg DPR RI Partai NasDem dari dapil DKI Jakarta II ini menambahkan, hal lain yang perlu diperhatikan adalah soal pelaksanaan tender pencetakan soal. Ketika soal mulai dicetak, harus ada pengawasan yang ketat terhadap proses produksi, penyimpanan dan pengirimannya ke daerah.

Peringatan serupa disampaikan pemerhati pendidikan, Mira Rosana. Pelaksanaan UN tahun lalu dianggap sebagai musibah manajemen pendidikan nasional. Percepatan pencetakan naskah soal adalah ujud perbaikan yang pemerintah lakukan.

“Jika terulang lagi berarti dinas pendidikan tidak belajar dari kejadian sebelumnya. Perlu diperbaiki manajemen pendistribusiannya ke daerah-daerah pelosok, keamanan penyimpanan dan juga SDM pelaksanya agar soal UN tidak bocor,” wanti caleg DPR RI Partai NasDem dapil Jawa Barat I.

Tahun ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memajukan jadwal cetak naskah soal UN SMP dan SMA. Langkah percepatan ini sebagai antisipasi bila terjadi masalah teknis yang bisa mengacaukan jadwal tahapan selanjutnya seperti yang terjadi tahun lalu.

Akibat keterlambatan pencetakan naskah soal, UN 2013 tidak berlangsung serentak di Indonesia. Di beberapa daerah harus ditunda beberapa hari untuk menunggu naskah soal yang disusulkan.

“Tahun lalu pencetakan dilaksanakan minggu kedua Maret, untuk tahun ini dipercepat waktunya. Harapannya pencetakan bisa selesai lebih awal dan tersisa dua minggu untuk memastikan pendistribusian," kata Mendibud Mohammad Nuh.

Editor: Luhur Hertanto

http://www.metrotvnews.com/metronews/read/2014/02/25/3/218815/Naskah-UN-Dicetak-Lebih-Awal-Pengamanan-Harus-Diperketat

 LS5-1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar