Total Tayangan Halaman

Rabu, 26 Februari 2014

Ada apa dengan UN

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ujian Nasional untuk tingkat Sekolah Dasar (SD) tahun 2014 akan dihapus. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan menggunakan nama Ujian Sekolah/Madrasah (US/M) dalam menentukan kelulusan siswa SD.


Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemendikbud, Ainun Na'im mengatakan dalam US/M pihak sekolah yang akan sepenuhnya menentukan kelulusan siswanya. Meski demikian, soal yang digunakan dalam US/M tidak 100 persen berasal dari sekolah.
"Yang buat soal 25 persen dari pusat dan 75 persen dari satuan pendidikan Provinsi dan Kabupaten," kata Ainun dalam keterangan resminya sebelum rapat koordinasi (Rakor) untuk persiapan implementasi kurikulum 2013 dan Ujian Nasional (UN) 2014 di Jakarta, Ahad (1/12).
US/M dilakukan serentak di seluruh SD dan MI yang ada di Indonesia. Untuk SD/MI (Madrasah Ibtidaiyah) ada sebanyak tiga mata pelajaran. Yakni Bahasa Indonesia, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Sedangkan untuk Sekolah Dasar Luar Biasa (SDLB) sebanyak empat mata pelajaran yakni Bahasa Indonesia, Matematika, IPS dan PKn.
"Ujian Sekolah/Madrasah SD/SDLB/MI/Paket A/Ula pada 19-21 Mei," ujarnya.
Kepala Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Ramon Mahondas mengatakan penilaian di SD tidak dengan angka, tapi diberikan dengan narasi. "Sehingga mereka tidak tinggal kelas. Bagi yang belum memahami pelajaran, meskipun naik kelas akan diberikan remedial," katanya.
Ramon melanjutkan, saat ini telah dilakukan pelatihan untuk guru pendamping yang turun di lapangan. Para guru dijelaskan bentuk baku rapor dan cara menilai. "Pelatihan tahun depan mencakup 150 ribu sekolah, lebih besar dibandingkan tahun ini yang hanya enam ribu sekolah," ujarnya.

http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/eduaction/13/12/01/mx4rxu-sd-tidak-ada-un-lagi-tahun-depan
 
LS5-2

Tidak ada komentar:

Posting Komentar